Putih Telur vs Kuning Telur

Telur sudah tak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. hampir semua olahan makanan mengandung telur. telur ayam menjadi telur yang banyak digunakan, dibandingkan telur bebek atau angsa. 
Dalam program menurunkan berat badan, pemilihan makanan yang sehat adalah pen ting. Banyak orang hanya memilih makan putih telurnya saja karena dianggap lebih baik, sementara kuning telurnya dibuang.
Supya anda tidak menerka-nerka mengenai kandungan gizi dalam telur, berikut ini kami sajikan informasi gizi yang terkandung dalam sebutir telur berukuran sedang dan masih mentah yang memeiliki berat 44 gram atau sekitar 1,5 ons.

Kolesterol
kadar kolesterol yang terkandung dalam telur ayam berukuran sedang mengandung 186 miligram kolesterol, dan hampir semua kolesterol dalam telur terdapat bagian kuning telur. Namun jangan lantas anda memilih tidak makan telur. Kolesterol dalam telur masih dianggap aman jika dikonsumsi setiap hari, karena batas aman pengonsumsian kolesterol harian adalah 300 mg/hari.

Kalori
Sebutir telur utuh berisi total 66 kalori, diamana 41 kalori berasal dari lemak dan 25 kalori dari protein. putih telur mengandung 14 kalori yang semuanya berasal dari protein. Dan tidak ada bagian di telur yang menjadi sumber karbohidrat.

Lemak
Telur mengandung sekitar 4,5 gram lemak dan hampir semuanya berada di kuning telur. setiap gram lemak memiliki 9 kalori, jadi satu porsi telur mengandung 4,5 x 9 = 42 kalori lemak. Lemak jenuh dalam telur sekitar 1 gram dan 3,5 gram lemak tak jenuh.

Protein
Sebutir telur mengandung sekitar 6,3 gram protein, dimana setiap protein mengandung 4 kalori, sehingga satu porsi telur mengandung 6,3 x 4 = 25 kalori dari protein. Putih telur mengandung 3,6 gram protein, sehingga putih telur dari sebutir telur adalah 3,6 x 4 = 14 kalori dari protein. 

Sumber : http://health.ghiboo.com
 

No comments:

Post a Comment