Makanan Sehat Untuk Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh,  kelainan pada jantung dapat berisiko kematian. Kesehatan jantung seharusnya diperhatikan dengan serius. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat jantung.

Apa saja makanan sehat untuk jantung? berikut adalah makanan sehat untuk jantung yang dapat anda konsumsi setiap harinya.

Salmon 
Salmon mengandung carotenoid astaxanthin, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat, selain itu juga mengandung omega 3. Jika anda mengkonsumsi sepotong ikan salmon 2 kali dalam seminggu sudah cukup membantu menjaga jantung anda menjadi sehat dan menjauhkan resiko terkena serangan jantung.


Oatmeal
Makanan ini memang kurang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Bubur gandum atau Oatmeal ini bukan sekedar sumber karbohidrat biasa. Oatmeal mengandung minyak omega 3, folat dan potasium. Selain bisa membersihkan arteri, semua kandungan tersebut dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang membahayakan jantung.

Kacang-kacangan
Tak disangka bahwa kacang-kacangan yang kecil bentuknya ternyata besar manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kesehatan jantung anda. Serat yang dikandung kacang-kacangan amat sangat baik untuk pencernaan. Kacang mete, almond dan kedelai hitam juga putih, kaya akan lemak omega 3 dan lemak tak jenuh ganda.

Alpukat
Buah yang berwarna hijau ini sering dimanfaatkan untuk membuat jus atau es campur maupun dalam hidangan lainnya. Alpukat membantu menurunkan kadar LDL, dan membantu penyerapan beta karoten dan Ia sangat berguna untuk kesehatan jantung anda.

Buah berry
Strawberry, blueberry, dan blackcurreant adalah beragam jenis buah berry. Buah-buahan ini kaya akan zat anti-peradangan, yang baik untuk menurunkan resiko serangan jantung serta kanker.

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun sudah terkenal sejak zaman yunani kuno, sebagai obat sekaligus untuk kecantikan para ratu. Minyak ini kaya akan kandungan lemak tak jenuh, sehingga bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam darah. Minyak Zaitun bisa digunakan sebagai bahan pengganti minyak goreng, tentu ini akan jauh lebih menyehatkan.

Sumber : dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment