Tempat yang Wajib Di Ketahui Sebelum Kuliah

KETIKA mempersiapkan diri menjadi mahasiswa baru, pikiran kita tentu dipenuhi dengan banyak hal.  Belum lagi jika kita menempuh studi di luar kota kelahiran, persiapan menjadi anak rantau pun akan lebih menyita perhatian.



Di rumah, kita perlu mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa ke rumah kos. Sementara itu, setelah sampai tujuan, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal berikut ini agar tidak tersesat di daerah asing.


Bank dan ATM
Segera cari tahu di mana letak bank dan mesin ATM terdekat, terutama di kawasan kampus. Meskipun ATM akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, kita tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan fasilitas bank saat merantau, misalnya untuk memblokir kartu ATM setelah kita kecopetan.

Pusat elektronik 
Suatu saat, bisa jadi handphone kita rusak atau dicuri. Jika kita mengalami hal ini, mengetahui pusat elektronik terdekat akan membantu kita untuk memperbaiki atau membeli handphone baru. Pastikan ada fasilitas servis untuk merek handphone yang kamu gunakan. Jika tidak, segera cari tahu pusat servis dan penjualan khusus merek tersebut. 

Fasilitas kesehatan 
Kita perlu juga mengetahui klinik dokter 24 jam atau rumah sakit terdekat. Pastikan juga kita mengetahui persis rute yang bisa kita tempuh ke fasilitas kesehatan tersebut. Ada baiknya juga mencari beberapa alternatif pusat kesehatan yang ada dalam jangkauan kita.

Perpustakaan dan toko buku
Menjadi mahasiswa erat hubungannya dengan belajar dan perpustakaan. Selain perpustakaan di kampus, kita bisa juga mencari tahu keberadaan perpustakaan lainnya di luar kampus. Dengan begitu, ketika kita tidak bisa menemukan buku yang kita cari di kampus, kita bisa mencarinya di perpustakaan lain yang lebih besar. Prinsip ini juga berlaku untuk toko buku.

Kantor polisi 
Kita akan lebih tenang ketika mengetahui ke mana harus mencari bantuan. Pastikan juga untuk menyimpan nomor telepon kantor polisi terdekat di sekitar kampus dan rumah kos kita.

Toko serba ada 
Meskipun sudah membawa berbagai keperluan untuk ngekos dari rumah, pasti ada saja barang-barang yang perlu kita beli lagi. Mengetahui toko serba ada terdekat akan memudahkan kita dalam memenuhi semua kebutuhan sebagai anak kos. Cari tahu juga toko apa yang menyediakan barang-barang kebutuhan ospek terlengkap.

Sumber :Okezone.com


2 comments:

  1. masih kurang itu informasi yang dibutuhkan sebelum kuliah yaitu dimana tempat kuliner di sekitar kampus itu, btw bagaimana kalau kita asal jajan saja enggak mengetahui apakah makanan yg kita beli sehat, mahal, ataukah kurang sehat.,.,.

    ReplyDelete