Gimana Ya Cara Bentuk Karisma?

Karisma sering disebut sebagai bawaan lahir. Namun, ternyata karisma dapat dibentuk. Berikut berbagai tips yang bisa digunakan untuk memunculkan karisma dalam diri anak baru di lingkungan kerja, seperti disitat dari buku Anak Bawang Cari Peluang, Minggu (23/6/2012)

Mulai dari diri sendiri
Benahi perilaku kamu sebelum melihat orang lain. Hargai orang lain seperti kamu menghargai diri sendiri. Jangan pernah merasa paling hebat, sombong dan meremehkan kemampuan orang lain.

Selalu tersenyum
Senyum mendandakan kamu sebagai orang yang hangat dan bersahabat. Tidak perlu berlebihan, cukup tersenyum dengan tulus dan senyum adalah merupakan ibadah.


Jaga sikap dan tutur kata Anda
Gunakan tutur kata yang sopan dalam menyapa atasan dengan menambahkan kata sapaan Pak, Bu, Mas, atau Mbak. Selain itu, jaga omongan atau gurauan yang tidak semestinya terhadap rekan kerja maupun atasan yang tidak begitu dekat. Orang yang berkarisma mampu menempatkan diri sesuai dengan situasi, kondisi, serta lawan bicara yang dihadapinya.

Puji orang dengan tulus
Mengakui kelebihan orang lain dengan memberikan pujian penting untuk dilakukan. Namun, berikan pujian tersebut dengan tulus ikhlas bukan sekadar ingin menarik perhatian atau diterima oleh lingkungan sekitar.

Perbaiki penampilan Anda
Kepribadian seseorang dapat tercermin dari caranya berpakaian. Demikian pula di lingkungan kerja. Gunakanlah pakaian yang rapi, wangi dan sopan, tentunya sesuai dengan ketentuan perusahaan, tanpa menghilangkan jati dirimu. Perhatikan kerapian dan kebersihan diri karena akan berpengaruh kuat terhadap kenyamanan rekan kerja di sekitarmu.

Belajar ekspresi
Empati dan simpati harus terus kamu asah. Sediakan telinga untuk menjadi pendengar yang baik serta berikan dukungan yang dapat menguatkannya.

Berwawasan luas
Tidak ada batas waktu untuk berhenti belajar. Memperkaya ilmu pengetahuan dapat dilakukan melalui berbagai cara dan sumber yang beragam.
Semoga tips-tips ini berguna untuk meningkatkan pesona/kharisma dalam diri anda. salam sukses!

1 comment:

  1. dibutuhkan skill dan keterampilan untuk terus belajar membentuk kharisma yang secara alamiah itu kawan./,.,.,.,

    ReplyDelete